Makna Lambang atau Logo Muhammadiyah


Makna Lambang Muhammadiyah -- Simbol persyarikatan berupa matahari yang pancarkan duabelas cahaya yang mengarah ke semua daerah dengan cahayanya yang putih terang bersinar. Pada area tengah matahari ada tulisan menggunakan huruf Arab Muhammadiyah.

Makna Lambang Muhammadiyah
Makna Lambang Muhammadiyah

Dalam lingkaran yang melingkari tulisan huruf Arab berupa kalimat syahadat tauhid. Pada lingkaran samping atas serta di lingkaran sisi bawah tercatat kalimat syahadat Rasul. Semua gambar matahari dengan atributnya berwarna putih serta terdapat diatas warna basic hijau daun.

Arti lambang Muhammadiyah :Warna hijau sebagai warna basic melambangkan kedamaian serta kesejahteraan.


  1. Matahari adalah titik pusat dalam tata surya adalah sumber kemampuan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Bila matahari jadi kemampuan cikal akan biologis, Muhammadiyah diinginkan bisa jadi sumber kemampuan spiritual dengan nilai-nilai Islam yang berintikan dua kalimat syahadat.
  2. Duabelas matahari yang memancar ke semua penjuru dimisalkan untuk kemauan serta semangat warga Muhammadiyah dengan memperjuangkan Islam. Semangat yang pantang mundur serta tidak mudah menyerah seperti golongan Hawari(teman dekat Nabi Isa AS yang sejumlah 12)
  3. Warna putih pada semua gambar matahari melambangkan keadilan serta keikhlasan.
  4. Warna hijau sebagai warna basic melambangkan kedamaian serta kesejahteraan. 


Semoga bermanfaat sumber: news.schmu.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel