Senin, 11 Februari 2013

Serangan Malware dan Virus di Android

-
Berhati-hatilah sebelum atau saat menginstal aplikasi mobile di handphone berbasisandroid. menurut vendor keamanan lookout mobile security, serangan malware ke sistem operasi besutan google ini meningkat tajam. nyaris 1 juta user terinfeksi malware android pada semester pertama 2011. 

didalam laporannya yang berjudul “mobile threat predictions report for 2012″ ;, lookout mengatakan pihaknya sudah mengidentifikasi kian lebih 1. 000 masalah aplikasi yang terinfeksi, naik 2 x lipat sejak awal juli 2011. jumlah pengguna android yang mengklik link beresiko dengan global diperkirakan meraih 36 % ( yearly ), 6 % lebih tinggi dari juli 2011. 

perusahaan juga mendapatkan ada peningkatan yang cukup penting pada masalah “mobile pickpocketing”, yakni aplikasi jahat di mana malware dengan diam-diam dapat membebankan cost besar ke pemilik ponsel tanpa sepengetahuan user, terhitung service sms premium. 

di android market saja, infeksi virus juga makin banyak berlangsung. sebagai perumpamaan, baru-baru ini google terpaksa menarik sebanyak aplikasi beresiko yang berpura-pura menyamar sebagai aplikasi popular layaknya angry birds. walau sebenarnya sejatinya aplikasi tersebut yaitu aplikasi palsu yang disisipi trojan ( program berbahaya/malware ). nah saat aplikasi angry birds palsu tersebut didownload, trojan yang bersembunyi didalamnya dengan otomatis dapat terinstal di perangkat user serta mengirim sms premium. 

walau android belakangan ini kerap dikerubungi malware, bukan hanya bermakna sistem operasi mobile lain aman. seorang developer pemrograman ios diketahui dulu mendemonstrasikan sesuatu celah yang sangat mungkin developer lain yang nakal mem-bypass kode aplikasi apple serta mengontrol sesuatu iphone dengan remote. microsoft juga dulu alami perihal sama. sesuatu bug sms ditemukan, sangat mungkin hacker untuk mematikan hub di windows phone 7. 5 

sumber: Serangan Malware dan Virus di Android dari Internet sehat
Load disqus comments

0 komentar