Minggu, 10 Februari 2013

6 Jurus Aman Menggunakan Koneksi Internet Publik (umum)

-
Hotspot internet publik saat ini menjamur dimana-mana, beberapa ada yang menyediakannya dengan cuma-cuma. akses internet wireless ini umumnya bisa didapati di tempat-tempat publik layaknya cafe, perkantoran, mall, atau universitas. netter makin dimanjakan dikarenakan mereka bisa ngenet sembari nongkrong di cafe sembari bercakap serta bersantai-santai. 

apapun alasannya, menggunakan internet publik senantiasa membawa risiko salah satunya terungkapnya data pribadi. menggunakan hotspot publik bermakna risiko computer diusili tangan-tangan jahil makin rawan dikarenakan kita ngenet melalui sesuatu jaringan yang terbuka. 

banyak hotspot, terlebih hotspot gratisan yang sediakan akses internet tanpa kata sandi, tidak lakukan enkripsi pada sambungan wireless. sudah pasti tak ada jaminan bahwa koneksi tersebut aman dari bahaya. 

hacker serta scammer dapat terhubung ke sambungan yang tidak aman serta menghimpun info mutlak anda. dikarenakan itu anda mesti membuat perlindungan computer pribadi anda saat menggunakan internet wireless publik supaya terhindar dari bahaya yang mengintai, dengan mengaplikasikan langkah ber-internet sehat di bawah ini : 

1. pakai hotspot internet cuma untuk menjelajahi ( surfing ) situs saja. janganlah lakukan transaksi usaha atau pekerjaan yang terkait dengan proyek terlebih bila transaksi tersebut mengharuskan anda untuk menginputkan info mutlak perihal perusahaan. 

2. janganlah lakukan transaksi online banking maupun yang terkait dengan kartu kredit hingga anda betul-betul meyakini dapat menggunakan koneksi yang aman. lakukan transaksi perbankan cuma dapat mengundang bahaya, dikarenakan risiko info akun anda disadap makin besar. 

3. janganlah lakukan transaksi belanja online atau lakukan transaksi yang mengharuskan anda berikan info kartu kredit atau account bank, terhitung diantaranya pemesanan hotel serta pembelian tiket pesawat. 

4. putuskan semua koneksi jaringan computer maupun file berbagi waktu menggunakan hotspot internet wireless. karena, hacker dapat memperoleh info dari computer yang terhubung ke jaringan. 

5. pakai firewall untuk memproteksi computer dari serangan pihak yang tidak berwenang. manfaat firewall yaitu sebagai benteng pengaman yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang tidak sama ( jaringan lokal dengan jaringan internet ). karenanya ada firewall, info yang keluar atau masuk mesti melewati firewall ini hingga paket data yang masuk atau keluar jaringan bisa dijaring. 

6. bila tidak dipakai, matikan koneksi wireless network computer anda ( disable ) apabila anda tengah ada di area publik yang di sekelilingnya ada koneksi internet wireless.

sumber : 6 Jurus Aman Menggunakan Koneksi Internet Publik (umum)  Internet Sehat



Load disqus comments

0 komentar