Rabu, 03 Oktober 2012

Kurikulum 2013 - IPA dan IPS Di Hapus

-

Kurikulum Pendidikan 2013

Kurikulum 2013 Insya Allah akan berubah, dengan perubahan yang sangat fudamental, dan perubahan menset besar-besar akan terjadi. Dikarenakan kurikulum 2013 akan memangkas mata pelajaran untuk tingkat SD (sekolah dasar). Kurikulum 2013 akan berkosentrasi pada empat mata pelajajaran yaitu: matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dan PPKN (pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) untik Mata Pelajaran IPA dan IPS akan digabung Menjadi Satu dengan nama IPU ( dibaca: Ilmu Pengetahuan Umum).  Berrikut saya kutip dari kompas

“Tapi bukan berarti mata pelajaran lain diabaikan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Khairil Anwar Notodiputro kepada Tempo, Selasa, 25 September 2012. Kurikulum 2013 nantinya tidak hanya bersifat kognitif atau hafalan saja. Tetapi juga mementingkan sikap dan keterampilan para siswa. "Misalnya, bagaimana anak-anak ini mempunyai nilai Pancasila, tidak hanya hafalan sila pertama dan seterusnya," kata Khairil. Metode inilah yang saat ini sedang dicari dan diterapkan di kurikulum baru."

Khairil juga berharap dengan penerapan Kurikulum 2013 tidak lagi di temukan, Buku-buku atau LKS yang mengambil gambar-gambar porno (seperti di temukanya gambar Miyabi pada LKS). Dan juga jam pelajaran akan di pangkas yang sebelumnya 10 jam akan menjadi 5 jam pelajaran. 

"Diajarkan 5 jam lebih bagus asal efektif daripada 10 jam tapi banyak yang tidak bermanfaat," kata Khairil."

Perubahan ini memang masih membutuhkan sosialisasi, dan juga yang saya baca di banyak media online bahwa tidak akan mempengaruhi jumlah jam mengajar masing-masing guru dan tidak akan ada PHP Guru. Akan tetapi Bagi Guru yang bersetifikasi akan di pantau dan terus akan di tingkatkan kwalitasnya dengan UKG ( Uji Kompetensi Guru) dan Pembinaan kwalitas Guru jika ada guru yang tidak memiliki kopentensi mengajar. (by.cakipin) 

Load disqus comments

0 komentar