Kamis, 28 April 2011

Apa Itu Open office.org

-
OpenOffice.org, sebuah paket aplikasi gratis dari Sun Microsystems untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran. Belakangan ini mulai populer digunakan oleh berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya “Open” atau yang berarti terbuka, aplikasi ini memberikan sebuah fasilitas yang sangat menarik yaitu selain gratis kode pemrograman paket aplikasi ini dapat di download, dibaca, dimodifikasi, bahkan dijual lagi.

Dari sisi tampilan ataupun cara kerjanya, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office 2003 ataupun 2007. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis file Microsoft Office. Jadi jangan khawatir jika anda mendapatkan file dengan format Microsost Office aplikasi ini masih dapat menghandlenya

Meskipun OpenOffice merupakan aplikasi gratisan namun dari sisi kemampuan aplikasi ini cukup mumpuni untuk menggantikan eksistensi Microsoft Office yang notabene sudah cukup berpengalaman dalam dunia aplikasi perkantoran. Fitur yang dimiliki juga sudah cukup lengkap, misalkan kemampuan untuk scripting, create PDF, dan membuat database yang bisa dikoneksikan dengan MySQL.

Modul-Modul OpenOffice :

1. WRITER (Pengolahan Kata)

Writer adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk mengolah kata (wordprocessor). Seperti halnya Microsoft Word, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat naskah, buku, laporan, berita, brosur dan lain-lain. Secara default file akan disimpan dalam format .odt. Namun selain format itu, aplikasi ini juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan dalam format .doc, .html, .xhtml dan beberapa format dokumen yang lain. Bahkan pada OpenOffice 3.x dapat digunakan untuk membuka file dengan ekstensi .docx (MS Office 2007).

2. CALC (Spreadsheet)

Calc adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk membuat lembar kerja (spreadsheet). Dengan aplikasi ini memungkinkan bagi kita untuk menganalisis serta membuat grafik chart (2D dan 3D). Selain itu juga tersedia 300 fungsi keuangan, statistik, dan operasi matematis. Secara default file akan disimpan dalam format .ods. Namun selain itu juga memungkinkan untuk disimpan dalam format .xls, .csv, .dbf, .html, .xml serta ekspor ke dalam format PDF dan HTML

3. IMPRESS

Impress adalah modul OpenOffice untuk membuat dokumen presentasi. Memiliki fasiltas seperti pendahulunya Microsoft Power Point seperti efek khusus, animasi, dan drawing. Secara default file akan disimpan dalam format .odp, namun memungkinkan juga untuk disimpan dalam format .ppt dan .swf

4. BASE (Basis Data)

Base adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk membuat aplikasi basis data. Kemampuannya setara dengan dengan Ms. Access sehingga dapat digunakan untuk membuat form, report, query, table, view, dan relasi.  Cukup banyak database engine yang bisa digunakan oleh aplikasi ini seperti : HSQLDB (default databasenya), sBase, MS Access, MySQL, bahkan Oracle.

5. DRAW (Menggambar)

Draw adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk menggambar. Umumnya ini digunakan untuk menggambar diagram ataupun flowchart. File dapat disimpan dalam berbagai format seperti PNG, HTML, PDF, Flash. Untuk kebutuhan membuat gambar pada Writer, Calc, dan Impress, dapat dilakukan dengan mengaktifkan modul Draw atau menggunakan tool dari toolbar Drawing.

6. MATH (Editor Formula)

Math adalah editor formula atau rumus. Dapat digunakan untuk membuat rumus kompleks yang terdiri dari simbol-simbol atau karakter-karakter yang tidak ada pada font standar. Aplikasi Math sendiri dapat dipanggil dari Write dan Impress, atau dapat pula diaktifkan sebagai editor sendiri. File yang dihasilkan dapat disimpan dalam format .MathML.


sebenarnya materi Openoffice ini pernah di tulis oleh kang ono W purbo pada BSE TIK SMP, tapi kurikulum di sekolah masih menggunakan office milik microsoft dan saya berani jamin bahwa di indonesia tidak ada satu sekolahanpun yang memakai software original di karenakan ms-office ini harganya mahal melebihi harga komputer yang di miliki oleh sekolah. openoffice bisa jadi pilihan yang sangat baik bagi sekolah-sekolah smp, sma atau yang sederajat
Load disqus comments

0 komentar