Rabu, 02 Februari 2011

Apa itu SEO-

-


Belajar SEO atau Mengenal apa itu SEO adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua webmaster atau Blogger. Secara Umum SEO ( Search Engine Optimization) adalah usaha usaha yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rangking website atau blog  kita di mata search engine (mesin pencari), atau segala upaya untuk menaikkan SERP (search engine results page). Tujuan utama dari segala macam usaha SEO ini adalah mendapatkan pengunjung atau visitor ke blog atau website kita melalui mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, MSN dan lain-lain. Semakin baik rangking blog atau situs kita di mata mesin pencari, maka akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog/website kita. Itulah pentingnya mengapa kita harus belajar seo

Aktifitas SEO atau Search Engine Optimization ini terdiri dari dua Jenis
Pertama, aktivitas on-page SEO, yaitu aktifitas belajar SEO yang kita lakukan langsung pada blog atau website kita sendiri. Aktifitas on-page ini menyangkut rekayasa terhadap elemen dan isi blog atau website kita, dan sebagian besar dilakukan tanpa memerlukan biaya. misalnya  memilih nama domain, membuat konten original, menambahkan meta tag dan lain2.
Kedua, Aktivitas off-page SEO, berlawanan dengan On Page, aktifitas belajar SEO ini dilakukan di luar blog kita, misalnya, mensubmit url blog ke search engine, submit ke web directory, bergabung dengan forum, mencari backlink dari blog/website sejenis dan lain2
Itulah tahap awal belajar SEO yang wajib dilakukan agar blog kita bisa mendapatkan hasil yang bagus di search engine

itu sekilas tentang SEO menurut pendapat yang lain SEO adalah sbb
Traffik yang gratis artinya anda tidak usah mengeluarkan modal untuk biaya promosi dan terletak disebelah kiri bawah dan lebih lebar. Sedangkan traffik yang bayar adalah traffik yang mengeluarkan modal untuk biaya promosi dan letaknya disebelah kanan tapi kadang-kadang juga muncul di kiri atas.
Untuk lebih jelasnya tentang traffik gratis dan bayar silakan anda baca kembali postingan tersebut dengan judul “Anda pilih mana, traffik gratis atau bayar?“
Oke sekarang kita akan membahas tentang apa itu SEO. Tapi sebelum kita membahas apa itu SEO mari kita lihat beberapa fakta penting dari SEO.
  1. Mata manusia 4 kali lebih sering melihat hasil di sebelah kiri dibandingkan di sebelah kanan.
    Artinya apa? Artinya jika blog anda muncul sebagai traffik gratis yang letaknya disebelah kiri maka blog anda mendapatkan klik mendapatkan 4 kali klik lebih banyak dari yang sebelah kanan. Padahal yang sebelah kanan harus bayar iklan, yang sebelah kiri tidak bayar iklan, tapi lebih efektif.
  2. 93% orang menggunakan search engine untuk mencari informasi.
    Artinya siapa pun kalau sedang menghadapi masalah, mereka akan segera membuka search engine dan mencari keyword untuk mencari solusi.
  3. Ada 87% pengunjung datang karena blog tersebut muncul di halaman pertama.
    Artinya anda akan kehilangan 87% calon pengunjung. Padahal mereka sedang mencari keyword anda, kalau anda tidak muncul dihalaman pertama.
  4. 75% pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman ke-4.
    Artinya kalau website anda muncul dihalaman ke-5, anda akan kehilangan 96,75 % calon pengunjung. Padahal pengunjung ini sedang mencari informasi yang anda sampaikan.
Nah…berdasarkan fakta penting ini, tentu sangat rugi jika anda sudah punya blog, tapi blog tersebut tidak masuk ke halaman pertama.
Betul bukan?
Nah..sekarang bagaimana untuk masuk kehalaman pertama? Tentu kita harus tahu teknik SEO. Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari search engine optimization.
Nah…di dalam dunia internet ada banyak sekali mesin pencari, dan jumlahnya lebih dari 50. Namun yang kita akan fokuskan adalah situs mesin pencari yang besar-besar saja yaitu sebagai berikut.
  • Google. Yang menguasai pasar dunia adalah google. Google menguasai 70% lebih.
  • Yahoo. Yahoo menguasai sekitar 16%-18%.
  • MSN. MSN menguasai sekitar 4%.
  • AOL
  • Ask
  • Dogpile
  • dan lain-lain.
Jika blog anda muncul di google, dihalaman pertama google, maka anda sudah akan mendapatkan traffik yang besar sekali. Jadi, fokus kita kali ini hanyalah pada search engine untuk google.
Bagaimana caranya untuk masuk dihalaman pertama google? Kita akan bahas lain kali, karena pada postingan kali ini saya hanya ingin mengenalkan pada anda apa itu SEO. tunggu artikel selajutnya 

SEO ini yang menjadi rujukan para pemasng iklan di web/blog kita semakin k banyak pengunjung maka semakin banyak pula orang yang memasang iklan di blog kita. layaknya sebuah acara TV yang paling banyak menarik jumlah penontonya maka makin banyak iklan-sponsornya


Load disqus comments

0 komentar